Berikut Kolompok Penerima Bibit Ikan Air Tawar di Kotamobagu

PortalBMR, KOTAMOBAGU – Kelompok budidaya ikan air tawar yang tersebar di sejumlah Desa dan Kelurahan se Kotamobagu menerima bantuan dari Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (Dispertanak) Kota Kotamobagu.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dispertanak Kotamobagu, Anto Mamonto, S. PKP mengatakan,  penyerahan bibit 2 (dua) jenis ikan air tawar ini, diserahkan Kepala Dispertanak Muljadi Surotenodjo beberapa waktu lalu.

“Penyerahan bantuan program pembinaan dan pengembangan perikanan paket percontohan ikan nila dan patin tahun 2019 ini, diserahkan langsung oleh pak Kadis kepada perwakilan masing-masing kelompok,” ujarnya.

Disampaikan , bantuan yang diserahkan terdiri dari 2 jenis bibit ikan air tawar.

“Jenis patin diserahkan kepada 8 kelompok, sedangkan bibit ikan nila diberikan kepada 5 kelompok. 1 kelompok itu mendapatkan 5000 ekor bibit ikan dengan ukuran 7/9 dan anggarannya bersumber dari DAU Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2019,” ungkapnya.

Harapanya kelompok yang menerima bantuan tersebut, agar memanfaatkan sebaik-baiknya program ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok sesuai tujuan penyuluhan yakni Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap. Paket percontohan kita berikan, pakan,  sarana prasarana lengkap agar mereka bisa mengetahui, mulai dari pengolahan kolam sampai dengan pemeliharaan.

“Nah setelah pengetahuan diperoleh tentunya mereka mulai terampil. Keterampilan itu mulai dari penanganan ikan, termasuk tatacara pemberian pakan dan nantinya akan  didampingi penyuluh perikanan dari kementerian. Terakhir sikap. Nah ini yang paling sulit diterapkan, mereka sudah ada pengetahuan dan keterampilan tapi tergantung mereka, mau melaksanakan atau tidak. Intinya, diharapkan mereka bisa merubah mindset tentang cara pembudidayaan ikan dengan yang baik dan benar,” jelasnya.

Berikut Daftar Kelompok Penerima Bantuan.

Bibit percontohan nila di kolam:

  1. Bansian Molinow
  2. Harapan Mogolaing
  3. D’Talaga Bungko
  4. Arwana Monogid Poybes II
  5. Tumpang Kopandakan I

Bibit percontohan Patin di kolam:

  1. Togop Jaya Kotamobagu
  2. Tobukow Mongkonai Induk
  3. Eleba Mandiri Pontodon Induk
  4. Matoa Biga
  5. Mototanoban Kobo Kecil
  6. Budidaya Motoboi Besar
  7. Inaton Fish Motoboi Kecil
  8. Golondu Poyowa Besar I

Check Also

WALI KOTA ASRIPAN NANI RESMIKAN GEDUNG PERPUSTAKAAN KOTAMOBAGU

PortalBMR KOTAMOBAGU – Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani, meresmikan Gedung Perpustakaan Daerah Kota Kotamobagu, …

Tinggalkan Balasan