Bupati Bolmong Resmi Buka Festival Kolipot

PortalBMR, BOLMONG –Festival Kulipot dalam rangka hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah atau tahun 2019 masehi yang dilaksanakan di Desa Mopait Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) sudah menjadi agenda setiap tahun.

Kegiatan yang dibuka langsung Bupati Bolmong Dra, Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow. Sabtu, (15/6/2019) berlangsung meriah. Turut hadir Sekda Tahlis Gallang, para asisten, pimpinan SKPD serta Ribuan warga. Festival Kolipot tersebut juga dilakukan makan bersama hidangan yang disediakan oleh warga disetiap stand yang ada dilapangan olahraga mopait.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow saat membuka acara itu menyampaian Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah, Minal Aidin Walfaizin Maaf Lahir Bathin. Menurut Bupati, festival Kulipot ini, bukan hanya sebatas seremonial belaka, akan tetapi saling menyempurnakan kemenangan dan kesucian yang kita raih, setelah melaksanakan puasa dan ibadah di bulan suci Ramadhan.

Bupati mengungkapkan, festival Kulipot merupakan ide kreatif masyarakat Desa Mopait sejak tahun 2011. Hal ini untuk memanifestasikan kearifan lokal dan moment pasca hari raya Idul Fitri dengan mengangkat kuliner khas Bolaang Mongondow. Yakni daun Kulipot dan merupakan daun yang harum baunya, yang disenangi oleh semua orang manakala dipergunakan sebagai pembungkus nasi atau makanan.

“Beras atau makanan yang mulanya tercerai berai, mampu disatukan saat dimasak karena dibungkus oleh daun Kulipot. Oleh karena itu, makna yang terkandung dalam festival Kulipot adalah sebagai sarana untuk mempererat silahturahim, persaudaraan dan kebersamaan antar warga masyarakat, sekaligus lebih memperkuat komitmen dan tekad kita, guna lebih meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah SWT,” ungkap Bupati.

Menurut Bupati, hal tersebut sangat diperlukan untuk sinergi dalam rangka mewujudkan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Bolmong. Bupati berharap sekaligus mengajak kepada pemerintah Kecamatan Lolayan, kepala desa, BPD dan perangkat desa, bahkan kepada seluruh masyarakat desa Mopait, untuk tetap melestarikan dan menjaga tradisi Kulipot atau Mongulipot. Karena hal ini merupakan salah satu bentuk kearifan lokal masyarakat Bolaang Mongondow lebih khusus masyarakat desa Mopait, sekaligus sebagai wahana silahrturahim serta sebagai objek wisata kuliner bagi masyarakat di wilayah Bolmong Raya.

Tradisi ini lanjut Bupati, telah dijadikan agenda rutin dalam kalender iven dinas Pariwisata Bolmong bekerja sama dengan pemerintah desa Mopait. Usai membuka festival Kolipot, Bupati bersama jajaran melihat hidangan sekalgus mencicipi yang disiapkan warga.(**)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Marsidi Kadengkang Masuk Dalam Penerima Penghargaan Kalpataru 2019

Yasti: “ Pak Marsidi menjadi kebanggaan bagi warga Bolmong. Sekaligus ...