Foto: Sekretaris Daerah Bolmong Tahlis Gallang SIP.MM. Saat membuka dengan resmi Unjian CAT CPNSD, Sekaligus Memberikan Motovasi kepada peserta CPNS.

Tahlis Gallang Resmi Buka Ujian CPNS, Terkait Passing Grade Bupati Bolmong Temui Menpan-RB

PortalBMR, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Mewakili Bupati Dra, Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow. Sekretaris Daerah Bolmong Tahlis Gallang SIP.MM. Jumat, (9/11/2018)  secara resmi membuka pelaksanaan Seleksi ujian Computer Asisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNSD) Bolmong.

Dalam sambutanya Sekda Tahlis Galang SIP,MM mengatakan, tes CPNS ini merupakan kompetisi untuk melawan dan menguji kemampuan pribadi. Ia juga mengatakan, hasil tes CPNS juga akan langsung terterah di papan monitor dan langsung disaksikan oleh masyarakat atau keluarga.

Foto: Nampak Peserta Seleksi CAT CPNSD Bolmong Mendengarkan Motivasi Sekda Bolmong Tahlis Gallang SIP, MM

“ Silahkan Adik-adik mengikuti Test, dan saya berharap adi-adik semua tetap fokus dan tenang dalam menghadapi test CAT, percayalahah dengan kemampuan adi-adik semua. Karena apaun hasilnya, itu adalah hasil kalian dan tak ada satupun yang bisa merubahnya, dan semua akan terlihat dari layar monitor”, kata Tahlis.

Foto: Sekretaris Daerah Bolmong Tahlis Gallang SIP.MM. bersama Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmong Amaruddin Amba, menyaksikan Peserta Tes CAT CPNSD masuk dalam ruangan Test

Sejak dibuka, sedikitnya 1.714 pelamar Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) yang mendaftar di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), akan mulai menjalani seleksi ujian Computer Asisted Test (CAT), yang bertempat di SMK Cokrominoto Kotamobagu. mulai pukul 09;30 WITA.

Foto: Nampak Lokasi Peserta Yang Akan Mengikuti Test CAT CPNSD

Atas nama pemerintah Bolmong saya mendoakan Adik- adik semua yang ikut dalam Seleksi CAT, akan lulus semua. Agar dalam seleksi pengadaan CPNS tahun 2018 ini kebutuhan PNS bisa terpenuhi. ujar sekda Tahlis Gallang SIP, MM.

Foto: Nampak Sekretaris Daerah Bolmong Tahlis Gallang SIP.MM. bersama Kepala BKPP Bolmong Amaruddin Amba, Vico Mokodompit dan Peserta CAT CPNSD Yang Pertama Lulus Passing Grade

Dikesempatan yang sama Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmong Amaruddin Amba menambahkan,pelamar CPNS  yang memenuhi syarat berjumlah 1.704 orang. Pengadaan CPNS tahun ini kata dia, melalui beberapa tahapan proses yang dilewati. Mulai dari pembukaan penerimaan berkas, melalui online dan, pelatihan tes CPNS, pencetakan kartu ujian, penyerahan kartu ujian hingga ujian.

Foto: Nampak Simulasi Kesiapan Peserta Dalam Melaksanakan Ujian Test CAT CPNSD di Diskominfo Bolmong

Dia menjelaskan, untuk jumlah soal seleksi kompetensi dasar (SKD) berjumlah 100 soal, yang terdiri atas soal tes wawansan kebangsaan (TWK) 35 nomor, soal tes intelegensia umum (TIU) 30 nomor, dan soal tes karakteristik pribadi (TKP) berjumlah 35 nomor.

. Foto: Nampak Peserta CAT CPNSD antri dalam melakukan registrasi kartu

Dari setiap nomor hanya diberikan waktu kurang dari 1 menit, untuk menentukan pilihan yang dianggap paling benar. Lanjutnya untuk tes TWK untuk menilai pengusaan pengetahuan dan kemampuan, menilai penguasaan pengetahun dan kemampuan untuk mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela Negara, pilar Negara, bahasa Indonesia, Pancasila UUD 1945, Bhineka Tungal Ika dan Negara kesatuan Republik Indonesia. jelas Amaruddin.

lanjutnyaTest CPNS ini memiliki ambang batas nilai yang harus dipenuhi setiap peserta. Hal ini berdasarkan peraturan Menpan RB nomor 37 Tahun 2018 tentang nilai ambang batas seleksi kompentensi dasar pengadaan CPNS tahun 2018. Untuk nilai passing grade; TKP 143, TIU 80, TWK 75.

Terkait Passing Grade. Srikandi Bolmong Dra, Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow Temui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin.

Sebelumnya Seleksi ujian Computer Asisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNSD) Bolmong di buka. Banyak Daerah-daerah yang telah melakukan test CAT CPNSD terlebih dahulu, dan hasilnya banyak yang tidak memnuhi Passing Grade.

Melihat minimnya jumlah kelulusan yang terjadi di daerah yang telah terlebih dahulu melaksanakan Test CAT. Bupati Bolmong Dra, Hj.Yasti Soepredjo Mokoagow harus bertemu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin.

Foto: Nampak Bupati Bolmong Dra, Hj. Yasti Soperedjo Mokoagow Saat bertemu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin.

Terbuki Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow bertemu Menpan-RB Syafruddin. Dalam Pertemuan Bupati Bolmong dengan mantan Wakapolri itu. Yakni, bupati memohon agar pemerintah pusat mempertimbangkan lagi soal tingginya nilai passing grade tes CPNS yang telah ditetapkan.

Foto: Bupati Bolmong Dra, Hj.Yasti Soepredjo Mokoagow bersama Walikota Kotamobagu Ir, Hj. Tatong bertemu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin.

Hal ini bukan tidak beralasan bagi Bupati. Sebab pengadaan CPNS tahun 2018 di lingkup Pemkab Bolmong, karena Bolmong masih butuh PNS. Dari pertemuan Bupati dengan Menpan-RB Syafruddin selain meminta agar passing grade diturukan, Bupati juga berharap agar anak daerah bisa terakomodir dalam penerimaan CPNS.

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Wakil Bupati Bolmong Lantik Direktur RSUD Bolmong Yang Baru

Yanny: Pelantikan hari ini merupakan suatu bentuk kepercayaan yang diberikan ...