Pemkot Sediakan Lahan Kopi Robusta

PortalBMR, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu menyediakan lahan untuk pengembagan Kopi Robusta di Wilayah Kota Kotamobagu, dikarenakan Kopi Robusta merupakan tanaman yang cocok dikembangkan sesuai dengan struktur tanah serta alam di Kotamobagu.

“Kami telah menyediakan lahan seluas 1200 hektar di desa Poyowa Besar, Kecamatan Kotamobagu Selatan, untuk dilakukan pengembangan, karena kopi Kotamobagu, sekarang banyak permintaan, sebab kualitas dan rasanya bisa bersaing dengan negara penghasil kopi di dunia.” Kata Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Ramjan Mokoginta,

Kepala Badan Perencanaa, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sofyan Mokoginta mengatakan, pengembangan kopi telah dimulai sejak 2016 sesuai instruksi Kementrian Pertanian. Namun baru dimulai tahun 2018.

Pengembangan kopi tidak asal-asalan, karena perlu adanya kajian khusus serta riset tentang kualitas tanah serta iklim di lokasi tersebut.

“Kami telah bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (PuslItKoka)  Jember, untuk pengembangan ini,” ujar Sofyan Mokoginta.

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Mantan Pegawai Bank di Kotamobagu Jadi Penjual Rujak

PortalBMR, KOTAMOBAGU – Memiliki Pekerjaan Sebagai Pegawai disalah satu Bank, ...