Aray: Faktor Cuaca Harga Bahan Pokok Naik

PortalBMR, Kotamobagu -Memasuki bulan suci Ramadan, sejumlah kebutuhan Bahan pokok (Bapok) rumah tangga harganya mendadak naik.

Sesuai pantauan Media Portalbmr.com, naiknya harga rica (cabai), tomat dan bawang di Pasar 23 maret dan Serasi, untuk harga bawang yang sebelumnya 40.000 ribu, naik menjadi 50.000 ribu. Cabai rawit harga sebelumnya 45.000 ribu/Kg, menjadi 65.000 ribu. Tomat naik dari 5.000 ribu/Kg menjadi 10.000 ribu.

Ibu Ance, pedagang di pasar Serasi, Senin (29/05/2017) mengatakan, kenaikan harga sudah sejak satu minggu lalu, mungkin faktor cuaca yang terus hujan membuat berkurangnya pasokan ke pedagang. Kami pedagang, hanya mengikuti harga dan pasokan petani, tidak ada jaminan, apakah selama Ramadan hingga Lebaran nanti harga barito akan stabil.

“Tidak mungkin kami menjual harga tinggi, jika pasokan stabil dan harga yang petani berikan murah. Karena pedagang sangat tergantung pasokan serta harga yang diberikan oleh petani. ” ungkapnya.

Dihubungi Kadis Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdagkop dan UKM) Kotamobagu. Herman Aray mengatakan, pihaknya akan melakukan pemantauan harga bahan pokok di pasaran selama Ramadan.

“Selama Ramadhan pihak kami telah menurunkan tim untuk memantau harga dan mengecek, apakah kenaikan ini masih wajar atau tidak. Karena beberapa waktu ini cuaca sedang buruk. Mungkin itu penyebab pasokan dari petani kurang, sehingga harganya naik,” Jelasnya Aray. (ag)

 

Bagikan

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Dibuka Secara Resmi, Pelaku UMKM Kotamobagu Ikut Pelatihan DEA

PortalBMR, KOTAMOBAGU — Mewakili Wali Kota Kotamobagu, Sekretaris Daerah Ir. ...