Dinas Kesehatan Bolmong Akan Lakukan PSN di Desa Nanasi

PortalBMR, BOLMONG – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dr. Eman Paputungan segera mengambil tindakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Desa Nanasi Timur, Kecamatan Poigar, karena diduga dua warga desa tersebut sakit demam berdarah (DBD).

Kepada media dr. Eman Paputungan mengatakan sudah mengetahui kejadian tesebut, memang benar ada dua pasien yang diduga sakit demam berdarah.

“benar ada dua warga yang diduga terkena sakit DBD yang saya terima dari Kepala Puskesamas (kapus) Poigar dan yang satu sudah dirujuk ke rumah sakit prof kandow menado, tapi saya dengar sudah kembali. kita tunggu saja kabar lebih lanjut dari kapus”, jelasnya.

Lanjutnya, hari ini kita tunggu hasilnya karena tidak semua trombosit turun itu DBD, ada kriteria keriteria. Apabila hasilnya negatif tetapi gejala demam berdarah masih terus muncul, maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan, seperti Anti-Dengue IgG dan IgM, serta hematologi rutin.

“kalau informasi hari ini positif  DBD kita langsung turun dan foging. Tapi syaratnya, harus Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dulu, rugi kalau tidak PSN, kalau PSN itu dia punya penyebab kita yang akan tanggulangi, kalau foging itu hanya untuk nyamuk dewas, bisa jadi satu minggu kemudian muncul lagi nyamuk. Jadi kita titik beratkan bukan di foging tapi di PSN”, ujar kadis kesehatan.

Harapanya masyarakat dapat mejaga prilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan mampu menjalankan perilaku bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-harinya serta bermasyarakat.

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Yasti Salurkan Hak dan Bantuan Dampak Covid-19 Kepada Ratusan Pegawai Syar’i Se-Bolmong

PortalBMR, BOLMONG – Meski dalam masa menghadapi pendemi Covid19. Bupati ...