Foto: Kepala Dinas Sosial Bolmong Abdul Haris Bambela saat mengahdiri kegitan Sosialisasi Nasional Bantuan Sosial Pangan/Sembako di Kementerian Soisal RI

Tahun 2020 Dinsos Bolmong Target Angka Kemiskinan 7,16 %

PortalBMR, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Sosial Bolmong akan terus berupaya menekan angka kemiskin di Bolmong.

Kepala Dinas Abdul Haris Bambela usai menghadiri kegitan Sosialisasi Nasional Bantuan Sosial Pangan/Sembako yang dilaksanakan oleh Kementerian Soisal RI, melalui Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin manyampaikan setiap tahun akan terus menekan angka kemiskinan di bolmong sesuai target Nasional tahun 2020 Akan turun menjadi 0,9 %.

“Jika mengikuti target nasional penurunan angka kemiskinan sebesar 0,19 %., maka untuk Kabupaten Bolaang pada posisi akhir 2019 angka kemiskinan 7,36 %,. Untuk akhir tahun 2020 diharapakan akan turun menjadi 7, 16 %.” Ungkap Abdul Haris Bambela.

Dijelaskan, hal ini tentu menjadi perhatian pemerintah pusat dan daerah dangan terus menambah berbagai bansos, baik APBN maupun APBD. Untuk Bolaang Mongondow penerima bansos Pangan tahun 2019 sebanyak 15.391., berkurang dari tahun Sebelumnya 2018, kurang lebih 17 ribu.

“Pengurangan jumlah penerima karna bagi yang tidak layak menerima bansos akan dikeluarkan, disini lain dinsos akan mengusulkan tambahan quota bagi masyarakat miskin yang belum pernah menerima bantuan bpnt/sembako, ditargetkan tahun 2020 penerima bpnt/sembako di bolmong akan kembali mencapai 17 ribuan setelah ada pengurangan karna tidak layak menerima” jelasnya. Kamis, (23/01/2020).

Lanjutnya, target ini bisa tercapai karna bansos pangan tahun 2020 yang dikenal denan bpnt akan ditransformasi menjadi bansos Sembako sesuai janji kampanye Presiden, untuk dana penerima yang sebelumnya hanya Rp 110.000 perbulan per keluarga penerima dinaikkan menjadi Rp 150.000 setiap bulan, bahkan ada ketambahan jenis bahan pangan.

“sebelumnya hanya dua jenis, yaitu beras dan telur ditambah lagi dengan Jenis Pangan lain, termasuk Sayuran dan Jenis kacang-kacangan sesuai pilihan penerima bansos sembako, untuk sistem pencairannya tetap seperti biasa menggunakan kartu bpnt/ sembako (kartu yang sama) dan penerima bansos dapat mengambil di e-warung yang ada kerjasama dengan dinsos/bank penyalur” jelasnya.

Diketahui Kepala dinas Dinsos Bolmong turut hadir sekaligus Mewakili Sekertaris Daerah Bolmong Tahis Galang SIP. MM dalam kegiatan Sosialisasi Nasional Bantuan Sosial Pangan/Sembako yang dilaksanakan oleh Kementerian Soisal RI, melalui Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin. Selasa, (22/01/2020) di Swiss Bell Hotel Mangga Besar jakarta.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Jajaran Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kemensos RI, Menlo PMK dan KEMNTRIAN Terkait Serta Bank Penyalur , Sekretaris Daerah Se Indonesia, Kepala Dinas Sosial Provinsi,  Kabuapten/Kota, Kordinator Bansos Pangan Se Indonesia, serta Perwakilan Kementrian.

Bagikan

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Bupati Bolmut Canangkan Gerakan Menanam Di Era New Normal

PortalBMR, BOLMUT – Bertempat di Gedung Wanita Kawasan Wisata Pantai ...