Air Terjun di Boltim Miliki Lima Kolam Permandian

PortalBMR,BOLTIM – Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sulawesi Utara (Sulut) memiliki pesona wisata air terjun. Salah satunya air terjun yang terletak di Desa Badaro,  terdapat lima kolam disetiap tingkatan air terjun. Air terjun Kumbala di desa Badaro, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, menjadi daya tarik tersendiri.

Sementara untuk menuju lokasi wisata air terjun kumbala terasa berpetualang, dan semakin terasa berwisata. Dari jantung Kota Manado Sulawesi Utara, dengan menggunakan roda 2 atau roda 4, bisa memakan waktu hingga 3-4 jam.

Setiba di Desa Badaro, anda harus berjalan kaki untuk menuju lokasi air terjun kumbala. Sedikit extra hati hati, karena harus melewati hutan kumbala dan ladang warga selama 45 menit. Namun rasa lelah anda akan terbayar dengan melihat keindahan air terjun Kumbala, yang miliki lima kolam permandian disetiap tingkatannya.

Tinggi air terjun Kumbala 25 meter,  lebar kurang lebih 30 meter. Suasana alami, udara sejuk dan pepohonan yang rindang menjadi tempat ini cocok dijadikan wisata andalan di Boltim.

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Boltim, Rizky Lamaluta. Senin, (20/5/2019) mengatakan kedepan lokasi air terjun kumbala akan ditata.

“Kedepan Dinas Pariwisata Boltim, bakal anggarkan untuk pembuatan fasilitas,”  kata Rizky

Kata dia, air terjun ini, rencana akan melakukan kerja sama dengan pihak desa, untuk kembangkan wisata tersebut. Sosialisasi untuk air terjun telah gencar dilakukan baik melalui media televisi, online dan cetak.

Sangadi desa Badaro, Marthen Surentu mengatakan, desa siap kembangkan wisata ini, namun masih menunggu petunjuk dari pemerintah Boltim.

“Kami tinggal tunggu. Rencananya dianggarkan lewat dana desa,” ujar Marthen Surentu.

Ia menambahkan, jalan menuju ke lokasi air terjun Kumbala harus dibangun serta  fasilitas pendukung lain. (Rm).

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Kapolda Sulut Letakkan Batu Pertama Pembangunan Mako Polres Boltim

PortalBMR, SULUT – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno ...