Bupati Yasti Tinjau Desa Untuk Program Padat Karya

PortalBMR, BOLMONG – Sejumlah Desa yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) tampaknya akan ‘mandi’ duit . Tidak sedikit dana yang disiapkan pemerintah pusat untuk dikucurkan untuk program padat karya cash yang ditetapkan Presiden Joko Widodo mulai Januari 2018 ini.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo didampingi Kadis Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Chany Wayong turun ke desa-desa di wilayah Dumoga Bersatu, dalam rangka meninjau lokasi yang akan menjadi sasaran program tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Parman Ginano mengatakan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) masuk dari 1.000 desa di 100 kabupaten di Indonesia, yang akan menerima kucuran dana dari program tersebut.

“Di Bolmong rencananya akan dipusatkan di wilayah Dumoga Bersatu, mencakup Kecamatan Dumoga Timur tepatnya di Desa Dumoga dan Kecamatan Lolayan Desa  Kopandakan Dua,”jelasnya.

Parman mengatakan, Bupati melakukan pertemuan dengan para kepala desa, untuk menjelaskan soal manfaat dan sasaran program tersebut, termasuk meninjua desa sasaran dan menjelaskan kualifikasi desa yang menjadi sasaran dari program padat karya cash ini.

“Sasarannya  adalah desa tertinggal dan sangat tertinggal dengan berbagai indicator,” kata Parman.

Di Kecamatan Dumoga Timur ada beberapa desa yang akan menjadi sasaran program tersebut  yakni Desa Dumoga, Kelurahan Imandi dan Desa Modomang.

Sasaran program itu untuk mempercepat pengentasan kemiskinan di berbagai desa. Salah satu dampak dari berbagai program tersebut adalah adanya penurunan angka kemiskinan dan pengangguran di kawasan perdesaan.

Salah satu contoh padat karya adalah proyek infrastruktur. Proyek itu akan dikerjakan secara swakelola. Pekerja proyek diserap dari warga setempat.

Dengan demikian, dana desa tidak hanya digunakan untuk membeli bahan material infrastruktur saja, melainkan juga untuk membayar honor pekerja.

Selain infrastruktur, sektor padat karya lain yang disasar pola baru dana desa yakni, pemberian makanan tambahan dan pelayanan bagi masyarakat.

“Jadi, padat karya ini bukan hanya melingkupi infrastruktur/sarana prasarana saja. Tapi juga masuk ke pelayanan masyarakat,” ujar Parman.

Check Also

PEMANDU WNA KESAL,,!? PETUGAS IMIGRASI KOTAMOBAGU PERMALUKAN ENAM WARGA ASING

PortalBMR KOTAMOBAGU – Sebanyak 6 Turis Waga Negara Asing (WNA) Asal Negara China merasa diperlakukan …

Tinggalkan Balasan