Gambar: Saat TNI Bersama Masyarakat Sedang Melakukan Pekerjaan di Lokasi Jalan Penghubung Dua Desa
Gambar: Saat TNI Bersama Masyarakat Sedang Melakukan Pekerjaan di Lokasi Jalan Penghubung Dua Desa

Reky Waleleng: Tak Menyangka Jalan Penghubung Dua Desa Akan di Perbaiki Oleh TNI

PortalBMR, Bolmong – Kehadiran Tim Satgas dalam rangka giat Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 tahun 2017, di Kecamatan Bilalang, untuk melakukan kegiatan fisik. Adapun fisik yang dikerjakan TMMD yakni, memperbaiki jalan penghubung antar desa Apado dan desa Kolingangaan.

Kehadiran TMMD membuat warga sekitar semeringah dan mengucapkan terimakasih, Rabu, (26/04/17). Seperti yang diungkapkan bapak Endy, “Kami senang sekali jalan ini diperbaiki. Jalan ini sangat dibutuhkan warga sebagai jalan utama penghubung antar desa ,” ujar Endy Mamonto, warga setempat, saat membantu perbaikan jalan bersama anggota TNI.

Lebih lanjut Endy jelaskan, jalan penghubung antara dua desa, dengan lebar 3,5 meter dan panjang 5000 meter, itu awalnya merupakan jalan tanah dan berbatu. Sehingga saat musim hujan jalan ini selalu licin dan cukup membahayakan. “Walaupun sempit, jalan itu sangat dibutuhkan warga untuk menuju kedesa Apado dari desa Kolinanga’an” kata endy.

Sementara Kepala Desa Kolinanga’an Reky Waleleng, sangat tidak menyangka dan sedikit terkejut manakala jalan ini akan diperbaiki oleh TNI. “Memang waktu itu Bapak Babinsa Koramil Passi menawarkan ke saya kalau jalan ini akan diperbaiki. Ternyata benar-benar diperbaiki,” ungkap Reky.

Diketahui, pengerahan Personil Kodim 1303/BM. Korem = 8 orang. kodim = 21 orang. TNI AU = 2 orang. TNI AL = 5 orang. Pemda = 20 orang. Polisi = 12 orang. Kav = 10 orang. Armed = 56 orang. Zipur = 10 orang. Hub = 2 orang. kes = 2 orang. PM = 2 orang. Pengerahan Masyarakat = 50 orang.

Sasaran utama fisik Perkerasan Jalan Desa Tuduaog Baru menuju Desa Kolingangaan, dengan  Panjang jalan 5000 mtr dan lebar 3,5 mtr. – Perkerasan jalan masih tahap Penghamparan Material 59 %. Untuk Talut, masih tahap penyusunan batu pada pasangan Talut 10%, kegiatan ini dipimpin. Letda Arm Petrus Bambang.

Pembangunan kantor bersama tiga pilar dipimpin Kapten Inf. Paulus.L. kegiatan masih melanjutkan penyusunan Batako 70%. Rehab mesjid Desa Apado dipimpin Letda Inf. Jamin.M. kegiatanya  masih tahap pinising,pengecetan pagar 90 %. Pembuatan jambanisasi tahap Pengecoran dan pemasangan closet.(ra)

Bagikan

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Berikut Edaran Kegiatan Belajar Tatap Muka Terbatas

PortalBMR, KOTAMOBAGU — Mencegah terjadinya kesenjangan kualitas pembelajaran yang signifikan ...