DPRKP Akan Menata Kembali, Akar Pohon Trambesi Merusak Drainase

PortalBMR, Kotamobagu – Pemerintah Kota Kotamobagu akan segera menata kembali keberadaan pohon trambesi yang ada di pinggiran jalan. Karena pohon trambesi sangat jelas menggangu aliran kabel listrik, akar Pohon trambesi ini juga dapat merusak drainase.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Imran Amon saat dikonfirmasi melalui via telepon, Rabu (19/04/2017) mengatakan, Pohon Trambesi ini akan di tata kembali, alasanya, akar pohon trambesi punya daya rusak drainase, juga beresiko sengatan kabel listrik, “Pohon ini selain merusak drainase, yang akan mengakibatkan banjir di musim penghujan, juga beresiko menghalangi tiang dan kabel listrik dimedan jalan jika tidak diamankan,” pungkasnya.

Lebih lanjut imbran menjelaskan, kami sudah mulai turun lapangan untuk menata pohon ini, untuk drainasenya tetap akan di perbaiki, “Untuk drainasenya yang menjadi pemicu rembesan air, akan segera dibenahi, karena jagan sampai itu akan menyebabkan banjir dikedepanya nanti,” jelas Imran.

Sementra Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotamobagu, Alex Saranaung beberapa waktu lalu, menjelaskan untuk pohon trambesi akan diganti Degan Pohon Mahoni, Sirsak, dan Pinang. “Penanaman pohon Mahoni selain untuk program ruang terbuka hijau, juga untuk pencegahan terjadinya abrasi. Kami sudah minta bibitnya ke balai sungai, pohon mahoni akan ditanam di ruang terbuka hijau, pohon ini mampu menahan terjadinya abrasi serta tanah longsor,” ujar Alex.

Terpisah, Ali warga kotamobagu mengatakan, sangat berharap langka cepat yang dilakukan Pemkot untuk dapat mengatasi masalah banjir dadakan yang mengintai pemukiman penduduk di Kotamobagu. Terutama masalah drainasenya, harus ada solusi yang tepat, sehingga kedepan tidak ada lagi banjir seperti yang sudah-sudah,” harap ali.(ag)

Bagikan

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Dibuka Secara Resmi, Pelaku UMKM Kotamobagu Ikut Pelatihan DEA

PortalBMR, KOTAMOBAGU — Mewakili Wali Kota Kotamobagu, Sekretaris Daerah Ir. ...