Dinkes Kotamobagu, Pencegahan DBD Bila Perlu Kita Foging PSN

PortalBMR, Kotamobagu – Pemerintah Kota (Pemkot), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu,menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan untuk antisipasi wabah penyakit DBD di musim penghujan.

Kepala Dinkes, Dr Nurjanah masloman, melalui Sekretaris Ahmad Yani, mengatakan, upaya program pemerintah menuju kota sehat, kita harus menjaga kebersian lingkungan dan harus didukung oleh peran masyarakat. Dalam rangka pencegahan DBD, “jika Perlu penyemprotan (Foging) akan di semprot, bila ada jentik-jentik nyamuk. Karena penyemprotan atau Foging jika terdapat kasus DBD, baru di semprot foging” kata Ahmad.

“di harapkan masyarakat agar selalau memperhatikan kebersihan lingkungan, seperti, tidak membuang sampah sembarangan, menumpukan barang bekas seperti kaleng, jagan ada genangan air dan tempat air yang tidak tertutup. Agar masyarakat tetap sehat, dan jauh dari wabah penyakit DBD.” ujarnya.

Terkait foging ahmad menjelaskan, pencegahan DBD, Foging bukan salah satu bentuk pencegahan demam berdarah. Yang paling utama adalah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) “Penyemprotan (Foging) hanya membunuh nyamuk dewasa, juga ada efek sampingnya, apabila dalam satu rumah ada anak umur di bawah lima tahun (Balita), maka resikonya seperti kena infeksi saluran pernapasan (ISPA)” Tuturnya.

foging bukan salah satu bentuk pencegahan DBD, yang paling utama adalah pemberantasan sarang nyamuk (PSN), “Tahun kemarin kami sudah lakukan PSN, dan itu terbukti. Biasanya 11, sampai 15 kasus DBD, setelah di adakan PSN, kasusnya berkurang walaupun di musim penghujan, Jelas Yani.{ag)

Bagikan

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Walikota Tatong Bara Terima Kunjungan Kasatker PRS Kementerian PUPR

PortalBMR, KOTAMOBAGU — Wali Kota Kotamobagu Ir. Tatong Bara menerima ...