Masa Transisi Pemkab Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2018

PortalBMR, Bolmong –  Badan Perencanaan, Pembagunan Daerah  (Bappeda) Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Senin(27/03) diruang Rapat Sekretariat daerah  menggelar  Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daera (RKPD) Tahun 2018, dengan tema percepatan pembangunan infrastruktur dan  untuk Kesejahteraan Rakyat. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh (Pj.) Bupati Bolaang Mongondow dan dihadiri oleh Ketua DPRD Welty Komaling, Wakil Ketua DPRD Kamran Muchtar dan Anggota DPRD Lainnya, Forkopimda, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  serta Pimpinan Perangkat Daerah, Bagian, Camat di bawah Pimpinan Sekretaris daerah Drs. Ashari Sugeha.

rkpd2

Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Adrianus Nixon Watung,SH dalam sambutannya menyampaikan penyelenggaraan musrenbang rkpd  kali ini, merupakan salah satu tahapan penting dalam proses penyusunan rencana kerja pembangunan di Bolmong tahun 2018, sebagaimana yang diamanatkan UU nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, dan UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah serta beberapa peraturan teknis lainnya.

rkpd3

Untuk musrenbang rkpd Bolmong tahun 2018 ini, merupakan rkpd masa transisi, karena kepemimpinan bupati dan wakil bupati periode tahun 2011 sampai dengan tahun 2016 telah berakhir, sehingga rkpd masa transisi tidak mengacu pada rencana pembangunan jangka menengah daerah, tetapi mengacu pada rencana pembangunan jangka panjang daerah atau rpjpd Bolmong tahun 2005 sampai dengan tahun 2025, dan hal ini sejalan dengan amanat peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2008, tentang tahapan tatacara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.

Dimana menyebutkan bahwa, pada masa transisi untuk menghindari kekosongan peralihan periode kepemimpinan kepala daerah, maka dapat berpedoman pada rencana pembangunan jangka panjang daerah dalam melaksanakan penyusunan rkpd tahun berikutnya.

Nixon Mengatakan pelaksanaan Musrenbang RKPD Bolmong tahun 2018, harus diselaraskan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten bolaang mongondow tahun 2018, yakni Pembangunan ekonomi dan sumber daya alam, Pembangunan manusia dan masyarakat, Infrastruktur dan pengembangan wilayah. Ketiga prioritas pembangunan daerah tersebut  merupakan penjabaran dari tema pembangunan kabupaten Bolaang Mongondow tahun 2018 yaitu “percepatan pembangunan infrastruktur dan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat”. Dimana tema pembangunan Kabupaten Bolaang mongondow  tersebut, tentunya telah diselaraskan dengan tema pembangunan provinsi Sulawesi utara tahun 2018.

rkpd4

Bupati Kembali menegaskan untuk dapat mencermati isu-isu strategis yang akan terjadi di tahun 2018, sehingga membawa konsekuensi logis dalam beban anggaran belanja daerah. Usulan program dan kegiatan dari masyarakat dan pemerintah desa, segera diakomodir selaras dengan prioritas pembangunan daerah dan merupakan kewenangan pemerintah kabupaten bolaang mongondow. Terhadap usulan dari pemerintah desa yang belum terakomodir dalam rkpd tahun 2018, hendaknya diarahkan sedikit demi sedikit mulai dilaksanakan oleh pemerintah desa sendiri, dengan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja desa, yang bersumber dari dana desa tahun anggaran 2018, yang dapat menjawab permasalahan yang ada serta menyentuh segenap kepentingan masyarakat. tutupnya.(rs)

Bagikan

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Puncak Bukit Bambe’an Prioritas Pemdes Sia’ Tahun 2021

PortalBMR, KOTAMOBAGU – Perencanaan wisata alam bukit Bambe’an Desa Sia’ ...