Kotamobagu Jadi Tuan Rumah Hari Peringatan Koperasi, Walikota Dampingi Wagub

PortalBMR,Kotamobagu – Lapangan Boki hontinimbang Kotamobagu menjadi pusat Peringatan Hari Koperasi Se Sulawesi Utara, Peringatan hari koperasi dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E Kandow bersama jajaran Pemerintah Provinsi Sulut.

Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara sebagai tuan rumah peringatan  hari Koperasi mengucapkan terima kasih atas dipercayakan Kotamobagu sebagai tuan rumah peringatan hari Koperasi di Tahun 2016 ini.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pada Pemerintah Kotamobagu, atas dipercayakan sebagai tuan rumah peringatan hari Koperasi di Sulut. Meskipun beberapa kali terjadi penundaan, namun puji Tuhan kegiatan ini tetap terselenggara dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Bapak Steven O.E Kandow,”Kata Walikota.

Walikota menjelaskan saat ini Pemerintah Kotamobagu terus memberikan perhatian bagi Koperasi di Kotamobagu, perhatian tersebut berupa dukungan dan berbagai fasilitas “Pemerintah terus memberikan dukungan baik dalam bentuk pelatihan, atau peningkatan manajemen teknis dan usaha, serta memberikan permodalan dan perizinan yang cepat dan mudah,”Jelasnya.

Lebih lanjut Walikota menyampaikan saat ini di Kotamobagu memiliki 73 Koperasi aktif, dan pelaku sebanyak 3402 usaha “Dari Tahun ke tahun jumlah pertumbuhan  Koperasi di Kotamobagu terus mengalami peningkatan, saat ini jumlah Koperasi aktif di Kotamobagu berjumlah 73 unit, peningkatan Koperasi ini turut mendukung jumlah pertumbuhan pelaku usah Mikor,Kecil, dan Mengah sebanyak 3402 yang terdiri dari 2206 pelaku usaha Mikro, 1002 pelaku usah kecil dan 194 pelaku usaha menegah. Disamping itu juga Pemerintah Kotamobagu melalui APBD tahun 2016 telah menganggarkan Rp 171 juta bagi pelaku usaha rumah tangga,”Terang Walikota.

Sementara itu Wakil Gubernur Sulut Steven O.E Kandow dalam sambutannya menyampaikan Koperasi pada hakekatnya menjadi alat pendemokrasian ekonomi Nasional “Bagaimana cara ekonomi Nasioanal ini dapat berlaku adil yaitu melalui Koperasi, sehingga perekonomian Nasional tidak hanya dikuasai segelintir orang,”Kata Mantan Ketua DPRD Provinsi Sulut.

Dirinya juga menjelaskan kenapa peringatan hari Koperasi ini dilakukan di Kotamobagu. Berdasarkan penilaian empiris pihaknya, bagaimana pertumbuhan, peningkatan ekonomi dan kesejateraan di Kotamobagu terus berlanjut. “Kami melihat dalam beberapa waktu ini pertumbuhan dan peningkatan ekonomi di Kotamobagu terus berlanjut, ini dibuktikan dengan keberhasilan Walikota mensejaterakan rakyat, serta kinerja Pemerintah Kotamobagu jelas dengan bukti 3 kali mendapatkan WTP. IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kotamobagu berada di posisi 3 besar dari 15 Kabupaten/Kota. Dan, dari 15 Kabupaten/Kota, 3 Koperasinya ada di Kotamobagu,”Beber Kandow.

Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Jajaran Pemerintah Provinsi Sulut, Bupati Bolmong, Ketua DPRD Bolmong, Forkompida, pelaku perbankan Kotamobagu, pelaku usaha di Kotamobagu, dan pelaku Koperasi di Kotamobagu.

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Yani: Piagam Penghargaan KIP Akan Terus Menjadi Motivasi Kami

PortalBMR, KOTAMOBAGU – Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia, ...