Ini Beda Pemilu Indonesia dan AS

Indonesia dan Amerika Serikat (AS) adalah dua negara yang menganut sistem demokrasi, dimana masyarakatnya bisa langsung memilih siapa yang akan menjadi pemimpin mereka. Namun, dalam prakteknya kedua negara memiliki perbedaan, khususnya dalam hal pemilihan umum.

Perbedaan pertama adalah dari jumlah partai politik yang ikut dalam pemilu. Di AS hanya ada dua partai, yakni Demokrat dan Republik, sedangkan di Indonesia jumlah partai politik mencapai belasan.

Perbedaan selanjutnya adalah dari cara menentukan calon Presiden. Di Indonesia, pada umumnya seorang capres akan ditunjukan langsung oleh partai yang mengusungnya, sedangkan di Amerika Serikat (AS).

Di AS, masyarakat adalah pihak yang memiliki pengaruh kuat dalam pemilihan capres dari setiap partai politik. Capres akan ditentukan melalui pemilu pendahuluan, baik melalui sistem kaukus ataupun primari.

“Saat ini para capres sedang berusaha untuk menarik dukungan dari simpatisan partainya. Masyarakat akan memiliki kandidat capres yang dinilai paling mewakili partai mereka,” kata  analisis politik Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Indonesia, Siri Nair pada Selasa (1/3).

Hasil dari kaukus dan primari ini akan menjadi pertimbangan, dan juga patokan dalam konvensi setiap partai di AS, yang rencananya akan digelar pada bulan Juni mendatang.

Lalu, selanjutnya adalah perbedaan soal pemilihan Presiden. Di Indonesia hanya ada satu tahap dalam pemilihan Presiden, sedangkan di AS ada dua tahap, yakni pemilu nasional dan elektoral. Pemilu elektoral dilakukan oleh perwakilan setiap negara bagian, baik itu Kongres ataupun Senat.

Pemilu nasional di AS rencananya di gelar pada bulan November mendatang, sedangkan pemilu elektoral digelar pada bulan Desember. Hasil dari pemilu tersebut akan diumumkan pada bulan Januari.

Sumber: ( SindoNews.com )

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Berikut Daftar Parpol Penerima Dana Banpol di Kotamobagu

PortalBMR, KOTAMOBAGU – Dalam rangka persiapan agenda pemilihan Presiden (Pilres) ...