OMBUDSMAN BERIIPENGHARGAAN, BUPATI LIMI MOKODOMPIT SUKSES BAWA BOLMONG HINGGA ZONA HIJAU

PortalBMR BOLMONG – Kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) terus ditingkatkan untuk pelayanan terhadap masyarakat dalam menyelenggarakan pelayanan publik melalui  satuan perangkat dinas masing – masing kabupaten bolmong.

Alhasil, capaian peningkatan hasil kinerja Pemkab bolmong berbuah hasil, sehingga Kabupaten Bolmong mendapatkan hasil evaluasi kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik dari lembaga Ombudsman Republik Indonesia dengan predikat tertinggi dengan capaian nilai 95,05, dan berada pada zona Hijau. Hasil  ini merupakan capaian yang luar biasa jika di bandingkan dengan capaian tahun sebelumnya, kabupaten Bolmong berada di zona merah dengan capaian nilai 53,32 dengan predikat rendah.

Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit dalam  sambutan pada kegiatan penganugrahan predikat kepatuhan standar pelayanan tahun 2023. Rabu 15 Mei 2024 di Kelurahan Kobo Besar, Kecamatan Kotamobagu Timur  mengatakan Kesuksesan ini berkat kerja keras bapak ibu sekalian.

“dari tujuh Organisasi Perangkat Daerah penyelenggara pelayanan publik yang dievaluasi oleh Ombudsman. Ada dua tingkat predikat yang mampu kita lewati, yaitu dari predikat sedang,dan tinggi dan menjadi predikat tertinggi,” ujar Bupati.

Atas capaian itu ungkap bupati, maka lembaga Ombudsman Republik Indonesia yang di beri kewenangan untuk melakukan pengawasan pelayanan publik telah memberikan penghargaan kepada kabupaten Bolmong, atas hasil pengawasan dan evaluasi pelayanan publik yang diterima secara langsung beberapa waktu lalu di Manado. Demikian juga hasil baik yang diraih 3 OPD unit lokus evaluasi diberikan oleh Kemenpan-RB, atas hasil pemantauan dan evaluasi kinerja pelayanan publik pada 3 lokus evaluasi yang pada tahun ini mendapatkan hasil penilaian rata rata indeks 3,93 dengan kategori “B” yang di akumulasi dari penilaian pada Dinas Sosial, Rumah Sakit, dan kantor camat Bolaang.

Hasil ini sudah cukup baik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan nilai rata-rata indeks 3,7. Walaupun belum menjadi nilai tertinggi sebagaimana hasil dari ombudsman RI, namun capaian sudah lebih baik dan terus ada progres peningkatan. Diharapkan pada evaluasi ke depan bisa terus di tingkatkan lagi kwalitas pelayanan publik apalagi di tahun ini terdapat penambahan unit kerja yang di evaluasi oleh Kemenpan-RB yaitu pada dinas pendidikan dan dinas Kominfo sehingga nantinya akan sama dengan unit-unit kerja yang di evaluasi oleh lembaga Ombudsman Republik Indonesia, dan mendapatkan predikat nilai tertinggi serta akan menjadi rolemode bagi OPD lainnya untuk melaksanakan pelayanan publik yang baik sebagaimana di amanat kan dalam Undang undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik bahwa setiap badan publik wajib menyelenggarakan standar pelayanan.

“Ada hal yang juga perlu di ingatkan bahwa hasil penilaian evaluasi pelayanan publik dari ombudsman RI dan Kemenpan-RB, menjadi salah satu komponen pengungkit tingkat keberhasilan penyelenggaraan reformasi, birokrasi di kabupaten Bolmong yang nantinya juga akan menjadi faktor perhitungan usulan besaran TPP setiap Tahun,” terang Bupati Limi Mokodompit.

Atas hasil evaluasi ombudsman Republik Indonesia atas kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik, maka Bupati Bolmong memberikan apresiasi serta penghargaan kepada tujuh unit pelaksana pelayanan publik yang telah mendapatkan predikat tertinggi dengan perangkingan apresiasi sesuai nilai yang di capai yaitu peringkat satu diberikan kepada Puskesmas Tadoi dengan nilai 96,22 dengan predikat tertinggi dan berada pada zona Hijau. Untuk peringkat ke dua diberikan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu dengan nilai 96,15 zona Hijau predikat tertinggi. Peringkat ke tiga diberikan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil dengan nilai 96,15 zona Hijau predikat tinggi. Penghargaan juga diberikan kepada Dinas Pendidikan dengan nilai 95,37 zona hijau predikat tinggi. Dinas kesehatan juga mendapatkan penghargaan dengan nilai 94,86 zona hijau predikat tertinggi. Dinas Sosial mendapatkan nilai 93,72 zona hijau predikat tertinggi. Sementara Puskesmas Inobonto meraih penghargaan dengan nilai 93,20 zona hijau dengan predikat tertinggi.

Diketahui, kegiatan tersebut turut dihadiri Sekertaris Daerah Kabupaten Bolmong Abdulah Mokoginta, Kepala Dinas Kominfo Marief Mokodompit, Kepala Dinas Pendidikan Farida Mooduto, Kadis Kesehatan I Ketut Kolak, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Datoe Binangkang dr Michael Karokaro,Kadis Capilduk Irlansyah Mokodompit, Kadis DPMPSP Fifiany Soepardjo serta kadis Sosial Erni Mokoginta.

 

Check Also

MARS RESMI DILANTIK Pj BUPATI BOLMONG

PortalBMR BOLMONG – Bergulurinya informasi nama Dr. Jusnan Calamento Mokoginta, MARS untuk pergantian Pj Bupati …