Terapkan Prokes Covid-19, 222 Sekolah di Bolmong Gelar UAS

PortalBMR, BOLMONG – Meski ditengah Pandemi Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bolaang Mogondow (Bolmong) tetap melaksanakan ujian sekolah.

Senin, (26/04/2021) Ujian sekolah diadakan secara tatap muka, dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Diketahui, ujian sekolah yang sebagai salah satu syarat kelulusan tersebut diadakan serentak di 222 sekolah, baik swasta maupun negeri.

Pembukaan naskah ujian, secara simbolis dilaksanakan di SD I Komangaan oleh Kepala Dinas Pendidikan Bolmong Renti Mokoginta, selanjutnya dilangsungkan dengan monitoring pelaksaan ujian sekolah

Renti menyebut, ujian sekolah merupakan syarat kelulusan para siswa. “Ujian sekolah ini merupakan salah syarat kelulusan,” kata Renti.

Dari total 222 sekolah dasar, terbagi, 15 swasta dan 207 negeri dengan jumlah siswa berjumlah 4049 peserta. Ujian sekolah secara tatap muka dilakukan dengan protokoler kesehatan termasuk pembatasan jumlah peserta disetiap ruangan.

Renti menyebutkan, dalam masa darurat penyebaran Covid-19 syarat penentu kelulusan siswa bisa dengan mengadakan ujian sekolah (US).

Ujian sekolah lanjutnya, tidak hanya mengacu pada ujian tertulis, tetapi juga mencakup nilai rapor dan prestasi yang dimiliki siswa selama menempuh pendidikan.

Saat ini sekolah berperan sebagai penentu kelulusan siswa dengan berdasarkan evaluasi yang dilakukan guru. Sehingga penguasaan materi sangat bergantung dari cara siswa dan guru dalam memaksimalkan pembelajaran daring selama situasi darurat,” ujarnya.

Renti juga menyampaikan siswa akan tetap menerima ijazah tanpa mencantumkan nilai ujian nasional. Sekolah yang telah melaksanakan US dapat menggunakan nilai US untuk menentukan kelulusan siswa. Kelulusan SD/sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir. Sementara nilai semester genap kelas 6 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

 

Bagikan

Komentar Facebook

Komentar

x

Berita Lainnya

Apel Gelar Pasukan, Sekkot Kotamobagu Sampaikan Amanat Kapolri

PortalBMR, KOTAMOBAGU – Mewakili Walikota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara. ...