Usaha Bengkel Las Ini Serap Puluhan Pekerja

PortalBMR,KOTAMOBAGU,–Industri perbengkelan di Kota Kotamobagu mulai menyebar. Tak hanya perbengkelan onderdil kendaraan, tetapi banyak industri yang justru mengarah dibidang welding atau bengkel Las.

Seperti Bengkel Las Duta Karya Indah yang terletak di Kelurahan Mongkonai Kecamatan Kotamobagu Barat. Bengkel tersebut dikelolah oleh Abdul R Gobel dimana beliau merupakan mantan guru teknik mesin di salah satu Sekolah Kejuruan di Kotamobagu.

Yang menarik, para pekerja dibengkel tersebut adalah mantan Siswanya serta ada juga siswa yang masih dalam proses belajar dibidang perbengkelan las atau siswa Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Menurutnya, bengkel tersebut merupakan wadah dimana untuk mengembangkan potensi diri serta mampu menekan angka pengangguran di Kotamobagu.

“ Para siswa disini melatih diri dalam meningkatkan keterampilan untuk menyelesaikan pekerjaannya sekaligus diberikan upah kerja. Selain itu ada juga pemuda yang putus sekolah bisa bekerja disini,” jelas Abdul R Gobel, Senin (13/08/2018).

Dalam upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan mendirikan bengkel praktek kerja tersebut, kata Gobel sudah banyak pemuda yang mandiri dengan membuka industri sendiri dimana sebelumnya mereka adalah mantan pekerja disini.

“Ini merupakan satu kebanggaan Saya, mereka belajar disini kemudian jika sudah mahir mereka dibantu untuk membukan bengkel las secaran mandiri, sehingga banyak juga oemuda yang mendapatkan pekerjaan lewan bengkel las ini,” jelasnya

Dia mengatakan di bengkel Duta Karya Indah selain para siswa, anak putus sekolah juga diberi kesempatan untuk dapat belajar dan bisa melakukan pekerjaan dibidang industri welding (las).

“Dan sudah memasuki sepuluh tahun, sudah melahirkan beberapa tenaga welding (las) yang sudah bekerja di beberapa perusahaan dalam dan luar negeri termasuk di Jepang,” ungkap Gobel.

Menurut Gobel, dibengkel prakteknya ini, disamping melatih skill sekaligus diterapkan juga disiplin waktu dalam bekerja. “Disiplin waktu diterapkan guna peningkatan etos kerja agar menjadi tenaga yang terampil,” terangnya (*)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

KONI Kotamobagu “Coret” Cabang Olahraga Basket

Ikbal: “Kalau informasi ini benar, ada apa dengan KONI kotamobagu ...