Kotamobagu Bakal Jadi Sentra Ikan Patin

PortalBMR,KOTAMOBAGU– Kotamobagu tidak lama lagi bakal menjadi sentra produksi ikan jenis Patin.hal ini terlihat dengan telah disalurkannya bantuan 44 Ribu bibit ikan patin kepada 11 kelompok budidaya ikan di Kotamobagu.

Menurut Kepala Bidang Perikanan Anto Mamonto, pihaknya menyalurkan Bantuan bibit ikan patin kepada 11 kelompok pembudidaya ikan di Kotamobagu.” Masing-masing kelompok menerima empat ribu bibit ikan patin,” Kata Anto Kepada awak media belum lama ini.

Menurutnya, Jenis ikan patin ini termasuk ikan yang baru dikembangkan di Kotamobagu. “Yang umum disinikan biasanya ikan Nila dan Mas, nah ikan patin ini kami coba budidayakan disini. Sebab, rasanya enak seperti ikan nila dan ikan mas. Disamping itu, awalnya juga sudah ada warga yang membudidayakan ikan patin ini, namun karena tidak berlanjut, makan kami coba budidayakan lagi ikan ini,” ucapnya

Ia mengatakan bibit Ikan ini dipesan dari luar Sulut seperti di Sukabumi, karena ikan tersebut harus di perairan umum agar proses pematangan dan produksinya cepat. “Kalau disana dia bisa berkembang biak, namun jika di Kotamobagu harus melalui proses penyuntikan aga bisa berkembang biak,” jelasnya

Menurutnya lagi, ikan patin bisa dikonsumsi setelah dia berumur Lima hingga Delapan bulan.” Itu sudah bisa dimakan, tapi jika dia berproduksi bisa sampai 2 tahun,” ujarnya (*R)

Check Also

PERSIAPAN LAPAK PASAR SENGGOL MULAI DIKERJAKAN

PortalBMR KOTAMOBAGU – Pembangunan lapak bazar Ramadhan atau pasar senggol mulai dikerjakan. Terpantau lapak yang …

Tinggalkan Balasan