Bupati Limi Mokodompit dan Kejari Kotamobagu Dampingi Tim Kejagung Tinjau Pembangunan Bandar Udara Bolmong

PortalBMR BOLMONG – Pj Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit, M.M. Rabu, 7 Juni 2023 menyambut kunjungan Plt. Kasubdit Pengamanan Pembangunan Infrastruktur pada Direktorat D Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Bambang Dwi Handoko, S.H dan Satgas Pencegahan pada Direktorat D Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Zubir Longso, S.H. beserta tim yang turut didampingi langsung Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu Elwin Agustian Khahar, S.H.,M.H.

Usai menyambut, bupati Limi Mokodompit yang didampingi para Asisten serta perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bolmong serta perwakilan pihak kontraktor, ikut mendampingi Plt. Kasubdit Pengamanan Pembangunan Infrastruktur bersama tim langsung menuju lokasi pembangunan Bandar Udara Baru Kabupaten Bolmong di Kecamatan Lolak.

Dikatahui, Kunjungan tersebut dalam rangka pengamanan pembangunan strategis terhadap proyek/pekerjaan pembangunan Bandara Udara Baru Kabupaten Bolaang Mongondow oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Sekaligus meninjau progres pembangunan Bandara Bolmong Mulai dari Runway dan kontruksi bangunan pengkantoran Bandara.

Saat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Bolmong Sugiarto Banteng menyampaikan kunjungan tim dari Kejagung dalam rangka mengecek kondisi perkembangan pembangunan bandara Bolmong. “sampai saat ini pekerjaan proyek pembangunan strategis dari presiden RI Joko Widodo Alhamdulillah berjalan dengan baik dan tidak ada hambatan” ucapnya.

Dikesampatan, Kepala Bandara Naha dan Bolmong Dwi Ariyanto menyampaikan kepada tim Kejagung masih ada tiang listrik dilokasi belum dipindahkan oleh pihak PLN. Selain itu, terkait obstakel gunung yang ada didesa Tuyat masih harus dikurangi ketinggiannya. Dikatakan, tinggi gunung masih harus dikurangi hingga 40-an meter, agar sisi kanan dan kiri pesawat bisa mendarat. Jika gunung tidak dipangkas maka pesawat hanya mendarat dari sisi kiri, dari posisi laut.

“Saat ini progres pekerjaan pembangunan bandara Bolmong sekitar 60 %, dan untuk Runway bandara sudah di hotmix jalannya, Targetnya tahun depan bandara di Bolmong sudah mulai beroperasi dan direncanakan akan diresmikan oleh presiden republik Indonesia Joko Widodo,” ujar Dwi Ariyanto.

Terkait nama bandara, Kajari Elwin Khahar juga mengusulkan kepada Bupati Limi Mokodompit agar dalam penentuan nama Bandara, dapat melibatkan seluruh Tokoh Adat dan Masyarakat BMR.

“Pastinya bandara ini akan di manfaatkan oleh seluruh Masyarakat BMR, baiknya, penentuan nama Bandara Bolmong dapat melibatkan seluruh Tokoh Adat dan Masyarakat BMR, Bila perlu dibuat panitia kecil khusus untuk menentukan nama Bandara. Apakah nama raja atau nama pahlawan dari Mongondow”, kata Kejari Kotamobagu.

Check Also

DISHUB BERSAMA TURJAWALI SAT LANTAS POLRES KOTAMOBAGU GELAR PERTIBAN PARKIR LIAR

PortslBMR KOTAMOBAGU – Kerap dikeluhkan oleh para sopir angkutan, personil Satuan Lalu Lintas (Satlantas) dan …