TB-NK Hadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Kotamobagu

PortalBMR KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara bersama Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan SH (TB-NK) menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Kotamobagu dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 16 Kota Kotamobagu, Selasa (23/5).

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan berbagai hal terkait perkembangan, kemajuan, dan pencapaian Kota Kotamobagu dalam kurun waktu 16 Tahun terakhir. Alhamdulillah, dalam perjalanannya selama 16 tahun terakhir, Kota Kotamobagu terus mengalami kemajuan serta perkembangan yang sangat pesat. bahkan, berbagai perkembangan, kemajuan, serta pencapaian di daerah ini dalam 16 Tahun terakhir, telah menjadikan Kota Kotamobagu daerah baru yang terus maju dan berkembang,” ujar Wali Kota.

Wali Kota juga mengatakan bahwa, meskipun baru saja menghadapi pandemi covid – 19, namun laju pertumbuhan ekonomi Kota Kotamobagu masih mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,22 persen pada Tahun 2021 dan kemudian naik menyentuh angka 5,15 persen pada Tahun 2022.

“Meningkatnya kesejahteraan masyarakat di kota kotamobagu juga dapat dilihat dari terus menurunnya persentase penduduk miskin di Kota Kotamobagu, yang dikeluarkan BPS, dimana pada Tahun 2022 persentase penduduk misikin di Kota Kotamobagu berada pada angka 5,19 persen, atau peringkat pertama daerah dengan persentase penduduk miskin terendah di Sulawesi Utara,” ujar Wali Kota.
Dikatakannya lagi, dari sisi Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Kota Kotamobagu juga terus mengalami peningkatan.

“Pada Tahun 2020, IPM Kota kotamobagu berada pada angka 72,97, kemudian meningkat menjadi 73,47 pada Tahun 2021, dan meningkat lagi menjadi 73,96 pada tahun 2022,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, meningkatnya kualitas hidup dan kesehatan di kota kotamobagu, juga dapat dilihat dari meningkatnya Umur Harapan Hidup (UHH) di Kota Kotamobagu dalam 3 (tiga) tahun terakhir, dimana pada tahun 2020 berada pada angka 70,47 dan mencapai angka 70,60 pada Tahun 2021, kemudian naik menjadi 72,08 pada Tahun 2022.

“Pemerintah dan masyarakat Kota Kotamobagu juga berhasil meraih berbagai prestasi yang membanggakan, yakni diantaranya diraihnya Opini WTP dari BPK Republik Indonesia selama 10 kali secara berturut – turut, beberapa kali meraih Piala Adipura, penghargaan Kota Layak Anak, bahkan hingga penghargaan Kota Layak Anak tingkat Nindya, beberapa kali meraih penghargaan sebagai Kota Peduli HAM, Penghargaan Perencanaan Pembangunan, BKN Award, APBD Award, serta masih banyak lagi berbagai prestasi dan penghargaan yang telah berhasil diraih pemerintah dan masayrakat kota kotamobagu, baik di tingkat provinsi sulawesi utara, maupun di tingkat nasional, yang tidak dapat kami sebutkan satu – persatu pada kesempatan ini,” ujar Wali Kota.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota juga menyampaikan apresiasi yang setinggi – tingginya dan ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Gubernur Sulawesi Utara, Wakil Gubernur, Forkompinda Provinsi Sulawesi Utara, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara, pimpinan dan anggota DPRD Kota Kotamobagu dan Forkompimda Kota Kotamobagu yang terus mendukung pelaksanaan pembangunan di Kota Kotamobagu. ”semua prestasi, capaian, dan keberhasilan ini, juga merupakan hasil dari sinergitas, bantuan serta dukungan penuh dari Gubernur Sulawesi Utara, Bapak. Olly Dondokambey, S.E, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Bapak. Drs. Steven. O. E. Kandouw, pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Forkopimda Provinsi Sulawesi Utara, Pimpinan dan anggota DPRD Kota Kotamobagu, forkopimda Kota Kotamobagu, serta seluruh elemen masyarakat di daerah ini, yang terus bekerja seiring bersama untuk memberikan dukungan serta berkontribusi besar dalam rangka menyukseskan pembangunan di Kota Kotamobagu,” ujarnya.

Wali Kota juga menyampaikan permintaan maaf jika selama menjalankan amanah, baik selama menjadi Wakil Ketua DPRD Kota Kotamobagu, Wakil Wali Kota Kotamobagu maupun Wali Kota masih terdapat kekurangan maupun hal – hal yang belum tercapai yang sesuai harapan masyarakat.

”Saya dan pak Wakil Wali Kota menyampaikan permohonan maaf yang mendalam, jika banyak kekurangan dan hal – hal yang belum tercapai,” ujar Wali Kota.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung DPRD Kota Kotamobagu tersebut juga dihadiri Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Sulut, Abdullah Mokoginta, S.H., yang mewakili Gubernur Sulawesi Utara, para pejabat TNI dan Polri, para pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi dan kabupaten / Kota se – Sulawesi Utara, Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, S.H., Ketua dan Anggota DPRD Kota Kotamobagu, para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Mantan Bupati Bolaang Mongondow, Dra. Hj. Marlina Moha Siahaan, Mantan Wali Kota Kotamobagu, Drs. H. Djelantik Mokodompit, Mantan Wakil Wali Kota Kotamobagu, Drs. Jainuddin Damopolii, Para Asisten, Pimpinan OPD, para pimpinan Instansi Vertikal, Perbankan, perguruan tinggi, pimpinan organisasi pemuda, organisasi perempuan, tokoh masyarakat, dan ASN Dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu. (*)

Check Also

MARS RESMI DILANTIK Pj BUPATI BOLMONG

PortalBMR BOLMONG – Bergulurinya informasi nama Dr. Jusnan Calamento Mokoginta, MARS untuk pergantian Pj Bupati …