Astaga,,!!! Pengukuran Lahan Oknum BPN Boltim Bandrol Jutaan Rupiah

PortalBMR, BOLTIM – Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sulawesi Utara, Yandry Rory dianggap gagal membina pegawainya untuk melayani warga masyarakat dengan baik dan prosedural setiap warga dalam melakukan permohonan atau penerbitan sertifikat tanah di kabupaten Boltim.

Tak heran jika warga boltim masih terkesan sulit dalam mengurus sertifikat tanah di BPN kabupaten Boltim.  Hal tersebut dikarenakan ada oknum pegawai BPN boltim memiliki peran ganda dalam melayani warga untuk pelayanan penerbitan sertifikat tanah.

“Pantas saja warga boltim susah melakukan pengurusan sertifikat tanah kalau masih ada oknum pegawai BPN seperti ini. Selain sombong, Icu oknum pegawai BPN Boltim ini tidak kooperatif dalam melayani masyarakat. kalau-pun ia melayani masyarakat dalam pengukuran lahan untuk diterbitkan sertifikat oknum BPN icu ini mematok harga pengukuran lahan seluas.satu (1) hektar di bandrol Rp. 1.000.000,. (Satu juta rupiah)”, sebut Didi Musa. Kamis, 1 September 2022.

Lanjut Musa oknum BPN Boltim ini aneh. Saat kami di ruangannya sambil menjelaskan riwayat tanah yang kami maksud untuk diterbitkan sertifikat ia terlihat angkuh dan sombong. Selain menampilkan sikap tak ramah, oknum ini meminta biaya pengukuran sebesar Rp 1.000.000,. (satu juta rupiah) dalam satu (1) hektar.

Pun Musa menirukan, kita peofsional saja yaa, jika terjadi pengukuran lahan nanti saya tidak akan mengunakan kapasitas saya sebagai pegawai BPN, ucap Didi Musa menirukan Penyampaian Okum BPN yang biasa disapa icu.

“Berarti jika ukuran lahan seluas 20 hektar kami harus menyediakan dana sebesar Rp.20.000.000 (dua puluh juta rupiah) untuk dia (Icu), aturan dimana ini,,? Atau memang begitu aturannya,,?, jika tidak ada aturan yang mengacu Oknum icu ini dapat merusak citra BPN” terang Didi Musa.

Saya masih yakin, cara-cara dan modus oknum pegawai ‘nakal” seperti ini tidak diketahui oleh kepala BPN. Saya menduga, mungkin saja oknum ini sudah sering mempraktekkan modus ini kepada warga yang ingin menerbitkan sertifikat tanah

“Saya berharap kepala BPN Boltim lakukan pembinaan kepada pegawai dalam melayani warga yang berkepentingan terkait lahan di kabupaten Boltim. Agar warga yang membutuhkan pelayanan soal penerbitan sertifikat tanah secara pribadi di BPN Boltim bisa terlayani dengan baik dan prosedural sesuai dengan mekanisme” pinta Didi Musa.

“Dalam waktu dekat saya akan melaporkan perilaku oknum BPN boltim secara resmi ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI”, tambahnya.

Dihubungi kepala BPN Boltim Yandry Rory Minggu, 4 September 2922 melalui telepon 08218771XXXX dalam keadaan aktif tapi tidak menjawab. Namun awak media akan berupaya terus menghubungi kepala BPN Boltim Yandry Rory terkait oknum tersebut.

x

Berita Lainnya

Ketua Tim PKK Bolmong Terus Lakukan Pemantapan dan Pelatihan Kader di 15 Kecamatan

PortalBMR, BOLMONG – Menindaklanjuti Rakernas IX PKK tahun 2021 untuk ...