Mampu Kembangkan Vanili Organik, Bupati Bolmong Apresiasi Masyarakat Petani Otam Bersatu

PortalBMR, BOLMONG – Penjabat Bupati (Penjabup) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir. Limi Mokodompit, M.M., minggu (14/08/2022) pagi meninjau langsung pelaksanaan program pengembangan Komoditas Unggulan Vanili Organik yang ada di Desa Otam, Kecamatan Passi Barat.

Dalam kesempatan tersebut Penjabup Bolmong Ir Limi Mokodompit, M.M., menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat petani desa otam bersatu, yang mampu mengembangkan komoditas unggulan vanili organik.

Bahkan Penjabup Bolmong ini berharap agar secepatnya ada suatu wadah yang bisa menjadi tempat pelatihan atau workshop, yang nantikan bisa menghadirkan para ahli dalam bidang vanili yang alan memberikan pendidikan atau pelatihan.

Nanti setelah mereka berhasil menimbah ilmu dari para ahli, mereka sudah terampil, maka mereka yang akan mendidik kelompok-kelompok yang lain,” ucap Penjabup Bolmong Limi Mokodompit.

Lanjut Limi, mengatakan jika dilihat potensi pertanian yang ada di Desa Otam Bersatu, itu memiliki banyak potensi pertanian yang patut untuk dikembangkan. Baik itu Cengkih, Kopi, Kelapa, Pala vanili dan cokelat.

“Jadi sekarang ini kita harus tingkatkan roda perekonomian dari sektor pertanian. Sebab Bolmong ini kaya akan pertanian dan sumber daya lainnya,” tambah Limi.

Sehingga lanjutnya lagi mengatakan, dengan menghimbau agar masyarakat mau pun para petani untuk fokus memperbaiki desa, dan lahan pertanian yang dimiliki, agar bisa dimanfaatkan dengan sebaiknya.

Seperti diketahui, sebelumnya Penjabat Bupati Limi Mokodompit, juga melakukan panen massal berupa bawang dan kentang yang ada di Desa Sinsingon, Kecamatan Passi Timur, juga melakukan penanaman bawang dan kentang guna mewujudkan kedaulatan pangan.

Nampak turut hadir dalam peninjauan program pengembangan komoditas unggulan Vanili organik di Desa Otam, selain Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit, juga hadir Camat Passi Barat, Liem Ginoga dan Camat Bilalang, Kepala Dinas Perkebunan Tony S Toligaga, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, I Wayan Mudiasa, Sangadi Otam Idrus Mokodompit, mewakili Danramil serta masyarakat dan petani desa Otam bersatu.

x

Berita Lainnya

Menjadi Adat Turun Temurun, Bupati: Mandi Safar Jadi Agenda Rutin

PortalBMR, BOLMONG – Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM ...