Sekda Tahlis Gallang Buka Diklatsar CPNS Bolmong

PortalBMR, BOLMONG – Mewakili Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra, Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow. Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, resmi membuka Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Calon PNS (CPNS) yang bekerja sama dengan pusat pengembangan sumber daya manusia Kementrian Dalam Negeri Regional Makassar.

Diklatsar tersebut digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU) Yadika Desa Kopandakan I Kecamatan Lolayan itu, dihadiri Kementrian Dalam Negeri bidang sumber daya manusia Regional Makassar Muhamad Khadir, Asisten III Ashari Sugeha, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatikan (BKPP) Umarudin Amba, serta para pimpin SKPD Rabu 9 Oktober 2019.

Abdul Khodir saat memberikan sambutan mengatakan, Diklatsar CPNS adalah diklat pra jabatan terintegrasi melalui pelatihan dasar (Latsar). Kegiatan ini dilakukan merujuk pada Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

“Setiap CPNS wajib menjalani masa percobaan melalui proses pendidikan dan pelatihan terintegrasi,” ujar Abdul Khaidir.

Para peserta adalah seluruh CPNS Bolmong tahun anggaran 2018 dengan jumlah 218 orang, terdiri dari 124 orang perempuan dan 94 orang laki-laki, serta 204 orang golongan III dan 14 orang golongan II.

Sekretaris Daerah Tahlis Gallang sebelum membuka Diklatsar berharap para para peserta bias lulus. Lanjutnya diklatsar merupakan rangkaian dari seleksi penerimaan CPNS. Sebab meski sudah dinyatakan lulus ujian, namun belum secara resmi menjadi sebagai PNS. Diklatsar lanjutnya, membentuk karakter pegawai sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat.

Menurutnya Diklatsar ini mengajarkan bagaiman para CPNS akan dilatih bekerja serta bagaimana mencari inovasi baru.  Selain itu Diklatsar CPNS untuk mengembangkan kompetensi yang dilakukan secara terintegrasi.

“Calon PNS setelah mengikuti Diklat Dasar diharapkan mampu menunjukkan sikap perilaku bela Negara. Mengaktualisasikan nilai-nilai dasar CPNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya. Calon PNS nantinya mampu mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya,” jelasnya.

Calon PNS nantinya mampu menunjukkan penguasaan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas masing-masing, sambungnya.

Berdasarkan laporan panitia, untuk Diklatsar akan dibagi beberapa angkatan. Untuk angkatan I berjumlah 108 peserta yang terbagi dalam 3 kelas dimana masing-masing kelas berjumlah 36 peserta. Untuk angkatan II  berjumlah 110 Peserta yang terbagi dalam 3 Kelas terdiri dari 2 kelas berjumah 37 peserta dan 1 kelas berjumlah 36 peserta.

Para peserta yang mengikuti Diklatsar ini juga tidak dipungut biaya karena telah ditanggung oleh Pemkab Bolmong melalui dana APBD tahun anggaran 2019 berjumlah 2.7 Miliar lewat program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur BKPP Bolmong.

218 Calon PNS ini akan digodok selama 51 hari kerja atau 511 jam pelajaran yang terdiri atas  21 hari pembelajaran klasikal/on Campus dilaksanakan di Yayasan Abdi Kalya Kopandakan Dua.  Sedangkan 30 hari non klasikal/Off Campus/Habituasi dilaksanakan di instansi asal atau di perangkat daerah masing-masing peserta. Mereka akan dibagi dua angkatan yakni angkatan I  dimulai tanggal 10 Oktober – 7 Desember 2019  dan angkatan II dimulai tanggal 31 Oktober – 28 Desember 2019.

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ajang Pilkades Serentak Bolmong Tinggal Menghitung Hari, SK Masih Dicintai Rakyatnya

PortalBMR, BOLMONG – Pemilihan Sangadi (Pilsang) di Kabupaten Bolaang Mongondow ...