PMD Bolmong Akan Serahkan Nilai Hasil Tes Balon Sangadi ke Panitia Pilkades

PortalBMR, BOLMONG – Pemilihan kepala desa atau Sangadi (Pilsang) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) kini masuk dalam tahapan pengumuman nilai hasil tes bakal calon (balon) Sangadi.

Rabu, (16/10/2019) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Ahmad Yani Damopolii menyampaikan kurang lebih, 143 Balon Kepala Desa (Kades), dari 22 desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa di bolmong telah selesai mengikuti seleksi tes tertulis, wawancara dan pidato, pada 25-27 September 2019 lalu. Nilai dari hasil tes telah ada dan rencananya akan diserahkan hari ini kepada Panitia Pilkades di desa.

“Hasilnya kita serahkan kepada panitia yang ada di desa. Kemudian Panitia Pilkades yang nanti akan mengumumkan dan menetapkan calon Sangadi”jelasnya.

Lanjutnya, untuk proses penentuan ditetapkannya calon dilakukan selama tiga hari, terhitung sejak diserahkannya nilai tes.

“setelah ditetapkan, panitia desa mengusulkan ke pemerintah daerah untuk diterbitkan surat keputusan calon tetap,” ucapnya.

Dijelaskan, Balon Kades yang lulus nilainya minimal harus 70 poin dari akumulasi ketiga tes yang dijalani. Namun begitu, ia masih enggan membeberkan nama-nama calon yang lolos.

“Nanti saja setelah diserahkan” ujarnya.

Diketahui, Kabupaten Bolmong akan melakukan Pilkades di 105 desa yang ada di 15 kecamatan. 22 desa yang melaksanakan seleksi dikarenakan terdapat lebih dari 5 pendaftar Balon Kades.

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ajang Pilkades Serentak Bolmong Tinggal Menghitung Hari, SK Masih Dicintai Rakyatnya

PortalBMR, BOLMONG – Pemilihan Sangadi (Pilsang) di Kabupaten Bolaang Mongondow ...