Gugus Tugas Pemkot Kotamobagu Gelar Rapat Terkait Jenazah Covid-19

PortalBMR, KOTAMOBAGU – Gugus tugas Covid-19 Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar rapat koordinasi tentang pemulasaran jenazah Covid-19, Rabu (20/01) pagi tadi.

Rapat yang digelar di aula Kantor Wali Kota Kotamobagu ini, dibuka Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan SH, dan turut dihadiri Sekda Ir. Sande Dodo MT, Asisten II Sitti Rafiqa Bora, Kepala Dinas Kesehatan dr. Tanty Korompot, sejumlah Kepala Puskesmas serta perangkat desa/kelurahan se Kota Kotamobagu.

Ditemui usai kegiatan, Nayodo mengatakan, ada sejumlah hal yang menjadi pokok pembahasan dalam rapat gugus tugas dengan perangkat desa/kelurahan tersebut.

“Diantaranya pemulasaran secara fardu kifayah maupun tata cara ibadah pakaman bagi jenazah covid-19. Dimana kewenangan pelaksanaan akan diberikan penuh kepada gugus tugas level kecamatan dan desa maupun kelurahan untuk pelaksanaannya, itu yang kami fokuskan tadi dalam rapat,” ujarnya.

Bahkan lanjutnya, untuk menindaklanjuti hasil rapat dalam waktu dekat juga akan digelar simulasi tentang tata cara pemulasaran jenazah covid-19 oleh dinas terkait.

“Simulasi akan dilakukan dinkes kepada perangkat sebagai penanggung jawab di desa maupun kelurahan untuk bahan edukasi kembali kepada masyarakat yang akan terlibat dalam pemakaman di masing-masing desa maupun kelurahan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu dr. Tanty Korompot menambahkan, dari sisi medis pihaknya lebih menekankan tentang sterilisasi pada saat pelaksanaan pemakaman jenazah covid-19.

“Pemakaian dan pelepasan APD serta koordinasi antara gugus tugas pemerintah kota dengan gugus tugas di kecamatan maupun desa dan kelurahan pada saat pemakaman jenazah covid. Nah yang kami tekankan di sini sebelum pelaksanaan para petugas pemakaman di breafing tentang bagaimana pemasangan serta pelepasan APD yang benar,” tutupnya.(*)

 

Bagikan

Komentar Facebook

Komentar

x

Berita Lainnya

Terkait ETLE, Pemkot dan Satlantas Polres Kotamobagu Gelar Rakor Bersama

PortalBMR, KOTAMOBAGU– Dalam rangka penerapan tilang elektronik atau electronic traffic ...